Thursday, May 7, 2015

JENIS BATUAN KALIMAYA (OPAL)





Kalimaya Hitam ( Black Opal) ditandai dengan nada warna cenderung gelap sehingga  memberikan kecerahan warna warna yang jelas. Kalimaya hitam yang paling terkenal biasanya ditambang di Lightning Ridge (New South Wales - Australia)  jenis kalimaya inilah yang paling dicari , cenderung paling mahal, mengingat warna opal ini begitu kontras dalam hal kejelasan warna dan pola.istilah'opal hitam' ini tidak berarti bahwa batu itu benar-benar hitam semua , namun batu ini memiliki nada tubuh gelap dibandingkan dengan opal putih. Beberapa / opal hitam gelap memiliki warna kristal becahaya dalam gelap.

Opal Putih - Juga dikenal sebagai '
kalimaya susu', warna opal putih bercahaya dengan mayoritas warna putih.Opal putih, memiliki kekontrasan warna yang tidak begitu jelas dan cenderung ringan, umumnya tidak begitu menunjukkan kekontrasan warna dibanding opal hitam. Namun, warna putih opal masih dapat benar-benar luar biasa dalam warna jika batu berkualitas baik ditemukan.Opal putih berwarna transparan sampai dan bahkan hampir buram , meskipun begitu biasanya memiliki "warna susu" dengan penampilan mirip mutiara.

Boulder Opal – 
"opal bongkahan" adalah istilah yang digunakan dalam hal pempilan opal dalam patahan atau retakan yang terdapat dalam batuan induk nya. Opal ini terbentuk dalam rongga atau patahan didalam batuan induknya. Kontras warna bisa mencolok ketika kilatan cahaya opal terlihat dalam bahan batuan sekitarnya.

Kristal Opal - Kristal opal adalah salah satu jenis di atas opal yang memiliki nada tubuh transparan ataupun semi-transparan –. Kristal opal dapat memiliki nada tubuh gelap atau terang dan cenderung tembus pandang.
'Fire Opal' adalah kalimaya yang dikenal sebagai 'opal api' adalah Meksiko Fire Opal, ditambang di Meksiko, yang biasanya memiliki warna yang dominan warna, merah, oranye dan kuning. yang menampilkan sejumlah besar warna warna tersebut. Warna merah biasanya merupakan yang paling langka.


No comments:

Post a Comment